Sejarah SMA Negeri 1 Sukatani

Sejarah SMAN 1 Sukatani

Tugu Prasasti SMAN 1 Sukatani
Panorama alam SMA Negeri 1 Sukatani diupayakan sedemikian rupa, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga seluruh warga sekolah merasakan kenyamanan jika berada di dalam lingkungan sekolah. Dengan suasana yang nyaman dan begitu kondusif tentu berbagai prestasi dapat dengan mudah di raih oleh para pelajar setinggi-tingginya dan sebanyak-banyaknya. Apabila kita memasuki pintu gerbang suasana yang begitu hijau, sejuk dan indah akan membuat kita terperangah kagum memandangi setiap sudut gedung-gedung sekolah. Berdasarkan sejarah, sekolah ini sudah mengalami perjalanan yang cukup panjang. Mulai berdiri sampai saat sekarang ini.

Berikut sejarah perjalanan SMA Negeri 1 Sukatani.

Kondisi sekolah era tahun 80-an.







SMAN 1 SUAKATANI era sekarang :





Berdasarkan sumber sejarah, Dra. Dewi Siti Sophia guru pertama yang menjabat di SMA Negeri 1 Sukatani. Sekolah ini didirikan karena begitu banyaknya lulusan SLTP/SMP di kecamatan Sukatani yang tidak meneruskan ke jenjang SLTA, maka dari itu pemerintah Kabupaten Bekasi memberikan kesempatan kepada masyarakat kecamatan Sukatani untuk bisa meneruskan sekolah ke SMA. Pemerintah Kabupaten Bekasi merintis dan mendirikan sekolah SMA negeri di kecamatan Sukatani pada tahun ajaran baru tahun 1986 yang di kepala sekolahi oleh Bapak Mukhamad Suyud, BA yang merangkap juga sebagai kepala sekolah SMAN 1 Cikarang hingga tahun 1987. Namun pada tahun pertama saat itu bangunan sekolah baru mulai dibangun, selama pembangunan kegiatan sekolah ditempatkan di SMP Negeri 1 Sukatani yang kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di sore hari, selang 3 bulan kemudian barulah siswa/siswi dipindahkan ke gedung yang berada sekarang ini. Tepat di belakang alun-alun dan gedung kecamatan Sukatani.
                Seperti sekolah-sekolah lainnya sekolah ini begitu banyak sejarah yang di lewati. Pada tahun 1990-an, siswa/siswi atau masyarakat sekitar sukatani menyebut sekolah ini dengan panggilan “BONCOS” kependekan dari kebon kosong. Memang berdasarkan sejarah tanah yang sebelumnya didirikan bangunan sekolah ini hanyalah sebidang tanah yang cukup luas namun tidak ada 1 pohon pu yang tumbuh sehingga hanya rerumputan saja, maka dari itu disebut kebon kosong.






                Seiring bergulirnya waktu, berganti kepemimpinan kepala sekolah, dan kepengurusan OSIS serta pembangunan yang terus dilakukan hingga saat ini. SMA Negeri 1 Sukatani kini sudah begitu hijau nan asri. Di penuhi pepohonan yang begitu lebat tumbuh subur di halaman sekolah. Sehingga kini mulai di lupakan panggilan BONCOS, digantikan oleh KEMANG. Arti kemang disini adalahkependekan dari Kebun Mangga,mengapa demikian ? Karena sekarang ini hampir disetiap depan ruang kelas di tanami pohon mangga yang berjumblah cukup banyak.

                  Ada hal menarik dari sekolah ini yaitu “BC”. BC singkatan dari Bundaran Cinta, sejarahnya karena tempat ini sering di jadikan tempat menunggu seseorang di halaman sekolah ketika istirahat atau ketika jam pulang sekolah. Mereka akan menunggu sahabat-sahabatnya yang belum keluar kelas di tempat ini. “Hey nanti aku tunggu kamu di BC ya?” itu lah yang sering diucapkan ketika janjian sepulang sekolah. Bundaran cinta karena berbentuk bundaran/ lingkaran yang terbuat dari bangunan berbatu yang melingkari pohon beringin dan cemara. Karena itulah dijadikan symbol cinta. Biasanya anak sma yang pacaran sering nongkrong berduaan di sini untuk beristirahat atau bercanda riang. konon bakal setia kalau sering-sering mampir disini. Sama halnya seperti cemara dan beringin yang dilingkari batu beton. Kuat dan abadi. Semoga..

                Untuk lebih jelasnya mengetahui keadaan sekolah ini silahkan datang langsung ke SMA Negeri 1 Sukatani yang beralamat di Jalan Raya Sukatani, Bekasi. Terima Kasih. 



\Mungkin rekan pembaca juga ingin membaca artikel menarik lainnya : (Klik saja)

30 komentar

coba usulkan ke kepala sman 1 sukatani knp ga buat website yang dinamis

Reply

Insya Allah nanti diusulkan. mohon d'maklumi blog ini masih dalam tahap pembelajaran. terimakasih atas masukanya.

Reply

ok kalu butuh bantuan w siap bantu

Reply

pake domain n hostingan gratis aja

Reply

SMA kita belum punya website official yak. Semoga untuk tahun yg akan datang apa yg bisa mengelola.

Reply
This comment has been removed by the author.

kakizin ambil poto kemang yang dulu yah

Reply

kakizin ambil poto kemang yang dulu yah

Reply

Diizinkan, Semoga bermanfaat.

Reply

Wah kangen sma nih saya lulusan pertama sman sukatani

Reply
This comment has been removed by the author.

Punya data angkatan 91 gan ? (Guru dan murid )

Reply

mohon maaf kang, belum punya data tersebut.

Reply

Lagu mars SMA.a ga bsa d download

Reply

adain reuni akbar dong ^_^

Reply

Ijin promosi kang😂
http://kampusd.mercubuana.ac.id/

Reply

Terima kasih kang atas masukannya, akan saya perbaharui linknya

Reply

Reuni Akbar akan dilaksanakan tanggal 26 November 2017

Reply

Kenapa si panggilannya harus diganti kemang.... Padahal bagusan boncos 35....ide siapa kah itu.... Kami anak2 90an lebih auka boncos 35

Reply

Kenapa si panggilannya harus diganti kemang.... Padahal bagusan boncos 35....ide siapa kah itu.... Kami anak2 90an lebih auka boncos 35

Reply

Hay aku di sana alumni 1991 salam buat semuanya

Reply

Keren eeuuyy anak cabang bungin punya blog... Salam kenal dari saya..

Reply

Bang punya data alumni 2015 ga ?

Reply

Post a Comment