5 Pola Interaksi dalam Pembelajaran


Komunikasi yang baik akan meningkatkan kualitas pembelajaran, komunikasi yang baik itu terlihat dari interaksi guru terhadap peserta didik  ataupun sebaliknya. dalam kegiatan belajar mengajar pola interaksi guru dengan peserta didik sangat beragam atau bervariasi. Terkadang interaksi itu didominasi oleh guru atau sebaliknya interaksi itu dilakukan sendiri oleh peserta didik. Berikut ini ada lima variasi pola interaksi :

1. Pola guru-peserta didik
     Komunikasi sebagai aksi (satu arah). Komunikasi satu arah menempatkan guru sebagai pemateri aksi dan peserta didik sebagai penerima aksi. Guru aktif, peserta didik pasif. mengajar dipandang sebagai kegiatan menyampaikan bahan pelajaran.


2. Pola guru-peserta didik-guru
      Komunikasi sebagai interaksi (dua arah). Komunikasi dua arah guru berperan sebagai pemberi aksi atau penerima aksi. Demikian pula halnya peserta didik, bisa sebagai penerima aksi atau pemberi aksi. Antara guru dan peseta didik akan terjadi dialog. Ada balikan (feedback) bagi guru, tidak ada interaksi antarpeserta didik.


3. Pola guru-peserta didik-peserta didik
     Komunikasi sebagai transaksi (multi arah). Komunikasi tidak hanya terjadi antara guru dab peserta didik. Peserta didik diharapkan lebih aktif dari guru. Guru dapat berfungsi sebagai sumber belajar peserta didik yang lainya. Ada balikan dari guru, peserta didik saling belajar satu sama lain.


4. Poa guru-peserta didik, peserta didik-guru, peserta didik-peserta didik
      Interaksi optimal antara guru dengan peserta didik dan antara peserta didik dengan peserta didik.


5. Pola melingkar
     Setiap peserta didik mendapat giliran untuk mengemukakan pendapat atau jawaban, tidak diperkenankan berbicara dua kali jika setiap peserta didik belum mendapat jawaban.


        Demikian 5 variasi pola interkasi dalam pembelajaran. Penggunaan pola interkasi tersebut bertujuan agar tidak menimbulkan kebosanan bagi peserta didik dalam belajar serta menghidupkan suasana kelas agar tujuan belajar dan pembelajaran tercapai. 

4 komentar

Permisi kalo boleh tau sumbernya dari mana ya? Terima kasih

Reply

mohon maaf saya lupa melampirkan sumber :
Sumber dari buku Manajemen Kelas, Karya Bpk. Drs. H Agus Muharam

Reply

Kak boleh minta referensi lengkap nya? Hhe makasi

Reply

Kak ini thn brp bukunya terbit? terus penerbit dan kota nya apa? Halamannya jg klo bisa mksh kak

Reply

Post a Comment