Kurikulum dan Video Simulasi Kurtilas Kelas 1 Kegiatanku

            Dunia pendidikan bukanlah dunia yang statis. pembaharuan-pembaharuan sejatinya selalu lah digalakan. Pembaharuan pendidikan seyogyanya tidak selalu dari para ahli pendidikan. Semua pembaharuan pendidikan bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat akan perkembangan zaman.
            Kiranya itulah mengapa sejak kemerdekaan hingga kini, kurikulum terus berganti. Seperti, Rencana Pelajaran 1947, Rencana Pelajaran Terurai 1952, Kurikulum 1968, Kurikulum 1975, Kurikulum 1984, Kurikulum 1994 dan Suplemen Kurikulum 1999, Kurikulum 2004, KTSP 2006 dan terakhir Kurikulum 2013. Perubahan menuju ke arah perbaikan ini akan terus berlanjut karena pendidikan sepanjang hayat.
            Kurikulum 2013 merupakan perbaikan dari kurikulum 2006. Menggunakan pendekatan Saintifik serta pembelajaran tematik-integratif. ditambahnya jam pelajaran yang mengharapkan peserta didik mampu lebih baik dalam melakukan 5M, yakni Mengobservasi, Menanya, Menalar, dan Mengkomunikasikan atau Mempresentasikan. apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran dan diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik.
            Video Simulasi Kurikulum 2013 berikut ini menggambarkan bagaimana penerapan dalam pembelajaran kurikulum 2013 untuk kelas rendah (kelas 1) bertema Kegiatanku.



              Video ini dibuat saat mata kuliah Pendidikan IPA SD Kelas Rendah sekitar 1 tahun lahu. Kiranya masih banyak terdapat kesalahan. seyogyanya saya meminta maaf dengan penuh harap. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang digunakan dalam video simulasi ini bisa lihat dalam sudah diposting di blog ini. Terimakasih yang mendalam semoga esok masih bisa kembali.

Post a Comment