Hai sobat Chaboen blog, kali ini kita membicarakan seputar kata motivasi. Seperti sudah kita ketahui bahwa kata-kata motivasi memiliki fungsi yaitu sebagai dorongan untuk berbuat sesuatu atau mengambil sikap. Nah, berikut kata-kata motivasi yang penulis sadur dari sebuah buku Untaian Inspirasi dari Guru untuk Guru:
1. DIALOGUE - "Pendidikan adalah tentang menyalahkan suatu pelita, bukan memenuhi bejana."
2. DIALOGUE - "Budi yang kuat bertukarfikir tentang ide-ide, budi yang semenjana bertukarfikir tentang peristiwa-peristiwa, budi yang lemah membicarakan orang lain."
3. QUINTILIANUS - "Kita perlu membentuk pikiran kita dengan membaca dalam-dalam, dan bukannya membaca banyak-banyak."
4. ARISTOTELES - "Akar pendidikan memang terasa pahit, tapi buahnya manis."
5. SYMPOSIUM - "Tindakan manusia mengalir dari tiga sumber utama; pengharapan, perasaan, dan pengetahuan."
6. DAODEJING - "Menara setinggi 9 lantau diawali dengan gundukan tanah. Perjalanan beribu mil dimulai dari satu langkah saat kaki berpijak."
7. ANALECTS - "Dia yang memperlajari masa lalu untuk menemukan sesuatu yang baru, adalah yang pantas mengajar."
8. ERASMUS - "Perpustakaanmu adalah surgamu"
9. FROEBEL - "Bermain merupakan ekpresi paling tinggi dari perkembangan manusia pada masa kanak-kanan, karena permainan itulah yang tercermin dalam jiwa anak-anak."
10. FROEBEL - "Lindungi generasi baru. Jangan biarkan mereka bertumbuh dalam kekosongan dan kesia-siaan."
11. JOHN DEWEY - "Identitas bukanlah sesuatu yang tercipta secara langsung. Identitas terbentuk secara berkelanjutan, melalui tindakan-tindakan kita."
12. MONTESSORI - "Bebaskan potensi anak, dan Anda akan mentrasformasi dia."
13. KI HADJAR DEWANTARA - "Lawan sastra ngesti mulya. (Dengan ilmu, kita menuju kemuliaan)
14. KI HADJAR DEWANTARA - "Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. (Di depan guru memberi contoh, di tengah ia memberi semangat, di belakang, ia mendorong)."
15. KI HADJAR DEWANTARA - "Proses pembelajaran, Ninteni-Niroke-Nambahi (memperhatikan, meniru, menambahi)."
16. ASTRID LIGNDGREN - "Saya ingin menulis untuk suatu proses membaca yang mampu menciptakan keajaiban. Anak-anak mampu menciptakan keaaiban saat mereka membaca. Itulah sebabnya anak-anak membutuhkan buku."
17. EINSTEIN - "Kalau Anda tidak dapat menjelaskannya secara sederhana. Anda belum benar-benar memahami."
18. EINSTEIN - "Teknik mengajar tertinggi seorang guru adalah ketika ia mampu membangkitkan perasaan gembira dengan ekspresi dan pengetahuan yang kreatif."
19. EINSTEIN - "Banyak orang berkata bahwa kepandaianlah yang menjadikan seorang ilmuan besar. Mereka salah, jawaban yang benar adalah; karakter."
20. MANGUNWIJAYA - "Berbuat salah ternyata adalah langkah sangat penting dan perlu agar kita mencapai suatu pemahaman yang benar."
21. MANGUNWIJAYA - "Yang perlu dimekarkan ialah semangat bertanya dan mencari, menyelidik, dan meneliti."
22. EDWAR DE BONO - "Terdapat bahaya dari internet dan media sosial. Bahwasanya adalah anggapan bahwa informasi sudah mencukupi, begitu banyak informasi yang bisa Anda dapat, dan Anda sudah merasa cukup sehingga tidak perlu lagi berfikir."
23. ALIRAN STOA - "Ilmu pengetahuan memiliki fungsi tertinggi, yaitu untuk membuat kita bisa lebih hidup dengan beradab. Jika pengetahuan tidak diterapkan demi kebahagiaan sejati manusia, tidak ada gunanya."
24. ALIRAN STOA - "Di atas segalanya, ilmu pengetahuan harus memberikan jiwa merdeka bagi orang yang mempelajarinya."
25. SENECA - "Ketika kita menunda, hidup pun berjalan lebih cepat."
26. CHRYSIPPUS - "Pikiran adalah mata air kata-kata."
27. CARL ROGERS - "Satu-satunya orang terpelajar adalah dia yang telah belajar bagaimana cara memahami dan berubah."
28. WILLIAM JAMES - "Percayalah bahwa hidup ini layak untuk dijalani, dan kepercayaanmu itu akan menolongmu untuk menciptakan kenyataan."
29. PAULO FREIRE - "Pembelajaran sesungguhnya terjadi ker=tika ada dialog berkelanjutan anatara murid dan grunya."
30. M. JOHNSON - "Guru tidak boleh bersikap otoriter dengan memaksa anak untuk masuk ke level yang di luar tingkat kesiapan mereka."
31. M. JOHNSOM - "Sebagai guru kita harus menyadari bahwa anak-anak sepatutnya mengikuti dinamika mereka sendiri, sehingga bisa benar-benar siap."
32. MUSASIH - "Anda harus mengerti bahwa adalah lebih dari satu jalan untuk mencapai puncak gunung."
33. HELEN KELLER - "Berjalan bersama seorang sahabat di kegelapan, jauh lebih baik daripada berjalan sendiri dalam suasana terang benderang."
34. DANIEL GOLEMAN - "Bagian otak yang bersifat emosional lebih cepat memberi respons daripada bagian orak yang berfikir."
35. DANIEL GOLEMAN - "Para guru hendaknya merasa nyaman untuk berbicara tentang perasan mereka."
36. RA. KARTINI - "Betapapun indah dan bagus serta penuh kemewahan kurungan itu, bagi si burung yang terkurung di dalamnya, dia tetaplah kurungan."
37. RA. KARTINI - "Tetapi apakah kecerdasan pikiran itu sudah berarti segala-galanya? Bila orang hendak sungguh-sungguh memajukan peradaban, maka kecerdasan pikiran dan pertumbuhan budi harus sama-sama dimajukan..."
38. RA. KARTINI - "Sekolah-sekolah saja tidak dapat memajukan masyarakat, tetapi juga keluarga di rumah harus turut bekerja, Lebih-Lebih dari rumahlah kekuatan mendidik itu berasal. Siang malam anak-anak ada di rumah, di sekolah hanya beberapa jam saja."
ANONIM - "Guru adalah profesi yang tidak mungkin dilepaskan dari sejarah peradaban manusia."
Demikian kata-kata motivasi yang sudah penulis rangkum dalam postingan kali ini. Semoga kata-kata motivasi tersebut dapat mengisi kembali semangat dalam mendidik dan mencerdasakan generasi bangsa. Jika ada saran dan kritikan silahkan berikan pada komentar. Terima kasih, salam pendidikan.
Post a Comment